fbpx

Pada usia kanak-kanak hingga remaja, anak memerlukan pengendalian jiwa yang tepat dan sesuai arahan untuk melanjutkan fase kehidupan selanjutnya. Pengalihan emosi hingga penanganan sikap untuk anak sangat diperlukan ketika memasuki peralihan usia. Orangtua harus mampu mengendalikan jiwa anak dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengikutsertakan anak dengan les lukis.

Les lukis dapat melatih jiwa kreatif anak sehingga anak dapat menikmati masa bermainnya dengan baik dan tidak terpaku oleh perkembangan jaman. Anak akan mudah bergaul dengan sesamanya dan tidak bersikap individualis terhadap sesuatu. Jiwa kreatif yang dihasilkan dari penerapan kegiatan les melukis memungkinkan anak untuk dapat belajar mengeksplorasi pelajaran lebih baik dari anak sebayanya.

Sulitkah Mengendalikan Anak Untuk Mengikuti Jiwa Kreatifnya?

Tidak. Selama anak tersebut tidak dalam keadaan terkukung pada suatu kebiasaan yang kurang baik. Misalnya, biasakan anak bermain dengan mainan yang sesuai dengan usianya di dalam rumah. Biasakan pula bergaul dengan teman sebayanya diluar rumah. Dengan membiasakan anak untuk bergaul dan mengikuti naluri bermainnya, maka kejiwaan anak akan terlatih dengan baik.

Kejiwaan seorang anak termasuk rentan untuk dipengaruhi oleh kebiasaan yang kurang baik. Ada baiknya orangtua ikut serta dalam setiap kegiatan anak baik didalam rumah maupun luar rumah. Hal itu bertujuan agar orangtua dapat melihat dan memantau perkembangan apa saja yang terjadi pada anak selama anak dalam waktu bermainnya.

Biasakan pula anak melukis dengan kemauannya sendiri dimanapun ia berada. Selalu sediakan peralatan melukis anak untuk mempermudah kegiatannya ini. Karena biasanya anak akan dengan mudah mendapatkan inspirasi untuk lukisannya dan hal itu dapat melatih jiwa kreatifnya.

Kembangkan Kreativitas Anak Lewat Melukis

Untuk membuat daya kreativitas anak, sebaiknya kenalkan anak dengan dunia seni sedini mungkin. Salah satu media untuk mengembangkan kreativitas anak adalah dengan mengikuti les lukis. Orangtua dapat membawa anak ke taman dimana anak dapat bergerak bebas, bermain dengan lingkungannya dan melihat apa saja yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk lukisannya. Anak akan dengan mudah menangkap setiap momen untuk ia jadikan inspirasi melukisnya.

Untuk itu sebaiknya orangtua selalu memantau setiap kegiatan dan perkembangan anak dengan membawanya ke beberapa tempat berbeda di setiap akhir minggunya. Kebiasaan bermain anak perlahan akan semakin menguat dan menjadikan anak tidak terpaku dalam keindividualisan. Anak akan membiasakan diri untuk melakukan hal secara bersama-sama, baik bersama orangtua maupun bersama temannya. Anak juga terbiasa untuk menilai segala sesuatu lebih baik dari usia sebayanya karena daya tangkapnya pun semakin menguat karena pembiasaan kegiatan ini.

Itulah penjelasan singkat mengenai betapa pentingnya les lukis demi menciptakan jiwa kreatif anak yang baik. Dengan memperkenalkan anak pada berbagai jenis seni, anak mampu membedakan setiap kejadian di hidupnya dengan mudah dan dapat melatih sistem motoriknya menjadi lebih baik. Jika anak dikenalkan dengan seni maka anak akan mempunyai jiwa yang lebih peka terhadap lingkungan sekitar.