fbpx

Pengaruh globalisasi kini sudah merambah ke dunia pendidikan. Contohnya adalah dengan masuknya bahasa inggris dalam kurikulum pendidikan. Masuknya bahasa inggris sebagai mata pelajaran umum di sekolah mengharuskan anak untuk mempelajari materi tersebut. Selain di sekolah, mempelajari bahasa inggris bisa melalui kursus privat bahasa inggris.

Kurikulum pendidikan yang masih dibatasi oleh waktu membuat orang tua harus mencari akal lain dalam proses pengenalan bahasa inggris pada anak. Kursus privat bisa menjadi pilihan orang tua yang ingin mengenalkan bahasa inggris kepada anak-anak lebih jauh lagi. Selain untuk mengenalkan bahasa inggris, kursus privat juga dapat memberi pengetahuan pada anak.

Pengaruh globalisasi pasti memiliki baik dan buruknya. Baiknya adalah pengaruh globalisasi membawa dampak baik bagi dunia pendidikan dan sistem operasional yang semakin maju. Globalisasi memberi akses pada Negara untuk berkembang lebih baik dan dapat menyamai Negara maju lainnya. Sayangnya, globalisasi pun tak lepas dengan dampak buruk. Dampak buruk dari globalisasi adalah budaya dan kultur yang semakin berubah.

Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan

Adanya globalisasi yang kental akan keberagaman seakan membunuh ketradisionalan suatu Negara. Contoh mudahnya adalah menghilangnya kebiasaan bermain bersama untuk anak. Kehadiran globalisasi memudahkan anak untuk memproses segala sesuatu melalui gadget, baik permainan maupun materi pembelajaran. Memang itu adalah suatu kemajuan teknologi yang tidak bisa diabaikan namun adanya dampak buruk yang terjadi itu membuat kebiasaan belajar dan bermain secara berkelompok semakin menghilang.

Anak akan terbiasa untuk bermain dan belajar secara manual tanpa menghiraukan keadaan sekitarnya. Dengan adanya penekanan di dampak buruk ini memungkinkan orang tua untuk mencari solusi dari pengentasan dampak buruk pada anak tersebut. Anak-anak dapat diajak untuk mengikuti pembelajaran secara kursus dimana anak akan dibiasakan untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya.

Salah satunya dengan mengikuti kursus privat bahasa inggris agar anak tidak cenderung bermain gadget. Mungkin bahasa inggris bisa dipelajari melalui gadget, akan tetapi belajar melalui privat akan lebih membuahkan hasil. Kursus juga dapat membuat anak memiliki pengalaman belajar secara lebih mendalam dan dapat belajar bagaimana cara berdiskusi yang baik. Anak akan membiasakan diri untuk mendengarkan pendapat orang lain dan bersikap kompetitif di setiap pembelajaran.

Metode pembelajaran pada kursus tentunya akan berbeda dengan yang ada di sekolah. Tempat kursus akan membiasakan anak untuk belajar secara aktif dalam bertanya maupun berinteraksi dan belajar untuk melatih kemampuan bersosialisasi pada anak. Hal ini tentunya akan bagus untuk perkembangan dunia anak dan memperluas daya pikirnya untuk melanjutkan tahapan diri selanjutnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengaruh globalisasi yang dapat dimanfaatkan melalui kursus privat bahasa inggris. Anak dapat diajarkan bagaimana cara menyikapi globalisasi secara baik melalui pembelajaran bahasa inggris. Dengan memahami keberagaman bahasa asing di dunia maka anak dapat membuka jendela wawasannya lebih luas lagi dalam memahami dunia.