fbpx

Anak-anak memiliki energi yang besar. Energi yang besar itu sebaiknya disalurkan pada kegiatan yang menunjang tumbuh kembang secara optimal. Salah satu yang bisa dipilih adalah les musik yang dipercaya dapat mengembangkan kecerdasan intelejensinya. Ada banyak alat musik yang bisa menjadi pilihan untuk dipelajari. Berikut pilihannya.

1. Les Vokal

Pada dasarnya anak-anak suka bernyanyi, karena di dunia mereka lagu dan nyanyian memainkan peranan penting dalam edukasi dan imajinasi mereka. Saat bingung memilih les musik apa yang paling cocok untuk anak, les vokal menjadi salah satu yang paling favorit.

Les vokal ini tidak menuntut orang tua membeli alat musik, karena Tuhan telah memberikannya pada manusia di dalam tubuh. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir tertuntut membeli alat musik. Namun pada tahap sudah cukup mahir mungkin perlu dipertimbangkan membeli mic tersendiri.

2. Les Piano

Les musik lainnya yang menjadi pilihan favorit adalah les piano. Piano merupakan alat musik yang sangat komplit memberikan stimulasi perkembangan kognitif pada anak. Karena alat musik ini bisa dimainkan dengan gaya melodis dan ritmis bahkan secara bersamaan. Memainkannya juga memerlukan koordinasi motorik yang cukup kompleks termasuk koordinasi dengan pendengaran.

Bermain piano juga tidak ada resiko ketidaknyamanan fisik saat memainkannya. Karena dimainkan dengan cara ditekan dengan jari-jari. Berbeda dengan gitar ataupun biola yang saat memainkannya ada resiko tangan kapalan. Juga saxophon yang terjadi ketegangan di sekitar leher akibat meniupnya.

3. Les Gitar

Les gitar juga menjadi pilihan yang paling populer diantara pilihan les alat musik yang ada. Pasalnya gitar ini merupakan alat musik yang sangat populer digunakan dalam pergaulan sehari-hari terutama anak-anak remaja.

Gitar juga bisa dimainkan secara melodis dan ritmis seperti piano, sehingga pengaruhnya terhadap stimulasi kecerdasan dan koordinasi gerak serta pendengaran sama dengan piano. Salah satu hal yang lebih baik dari piano adalah harga alat musik gitar lebih terjangkau dari pada piano.

4. Les Biola

Les alat musik gesek yang paling populer adalah biola. Biola ini adalah alat musik melodis yang sangat merdu saat dimainkan. Stimulus terhadap ketepatan nada dan timing menggesek dapat menstimullus perkembangan otak anak dan melatih motorik anak.

5. Les Drum atau Perkusi

Les musik yang direkomendasikan untuk anak yang punya energi sangat besar adalah les drum atau perkusi. Kegiatan memukul-mukul alat musik tentu bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka. Tetapi bedanya pukulan-pukulan mereka diarahkan menjadi sebuah ritme kombinasi bunyi yang indah. Les Drum ini dapat melatih kekuatan otot sekaligus koordinasi gerak.

Sebenarnya masih banyak lagi pilihan les musik yang bisa menjadi pilihan seperti saxophone, bass, keyboard, dll. Namun pilihan-pilihan diatas adalah yang paling populer di masyarakat. Pilihlah yang terbaik bagi anak. Sesuaikan dengan karakter anak dan kemampuan finansial orang tua. Pilihan tempat les dan harganya sangat bervariasi.