fbpx

Mengedukasikan anak tentang seni bukanlah hal yang baru. Justru edukasi seni kepada anak ini merupakan salah satu media untuk membiasakan anak mengekspresikan diri dengan baik. Seni lukis akan memberikan anak keleluasaan dalam mengeksplor dirinya. Anak yang diberikan edukasi tentang seni melalui les lukis akan dapat mengartikan segala kejadian di dalam dirinya dengan bersikap tenang dan penuh dengan makna.

Anak yang diberikan edukasi seni juga cenderung akan lebih aktif dengan lingkungan sekitarnya dan bebas mengekspresikan perasaannya pada orang lain. Edukasi seni lukis melatih anak untuk terbiasa mandiri dalam mengambil keputusan karena seni lukis akan membiarkan anak untuk menentukan sendiri jenis lukisan macam apa yang akan dibuat oleh anak.

Kenalkan Anak Pada Seni Lukis Sebagai Media Edukasi

Membiasakan anak dengan seni lukis lumayan susah-susah-gampang. Karena seni lukis sendiri terlihat lebih rumit daripada seni lainnya menjadikan orangtua cukup was was untuk mengenalkan anaknya belajar seni lukis.

Namun tanpa orangtua sadari, seni lukis dapat berguna bagi anak sebagai media pengendalian diri. Terutama untuk anak yang kecanduan gadget. Membiasakan anak yang kecanduan gadget untuk tidak menyentuh benda itu akan menjadi susah apabila kebiasaan anak tidak diganti menjadi lebih baik. Dengan menggunakan seni lukis, orangtua dapat secara halus mengganti kebiasaan anak bermain gadget menjadi melukis dan mengekspresikan imajinasinya.

Dalam seni lukis, anak akan diajarkan untuk mencoret kanvas dengan berbagai warna sebagai wadah untuk ekspresi perasaannya. Anak akan mudah mengontrol emosi dan perasaannya melalui setiap torehan warna yang diusap pada kanvasnya. Seni lukis akan mengenalkan berbagai metode yang dapat digunakan oleh anak dalam melukis dan menemukan gaya lukisannya sendiri.

Orangtua dapat lebih dahulu memperkenalkan apa itu seni lukis dengan menyiapkan beberapa alat melukis dan mengajak anak melukis bersama. Dengan membiasakan anak untuk melukis, maka anak akan terbiasa ketika ia mengikuti les lukis. Anak akan mudah membiasakan diri dengan menulis apabila didampingi dengan orang terdekatnya.

Terutama apabila anak tersebut dalam rentan usia balita hingga remaja. Anak akan lebih mudah membiasakan diri terhadap sesuatu apabila kebiasaan tersebut dilakukan dengan dampingan dari orang terdekat. Seni lukis dapat menjadi cara yang tepat bagi orangtua yang kesulitan mencari solusi untuk mengubah kebiasaan buruk dari anak, misalnya saja kecanduan gadget.

Itulah penjelasan singkat tentang mengenalkan seni lukis bagi anak melalui les lukis. Seni lukis dapat menjadi metode yang ampuh bagi anak yang memiliki kecanduan gadget atau kebiasaan yang kurang baik lainnya. Dengan mengikutsertakan anak pada kegiatan seni termasuk seni lukis, anak akan diajarkan betapa banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan tentu saja dapat mengartikan dari setiap lukisan yang dibuat.