fbpx

Mempunyai anak yang sulit bersosialisasi pastinya membuat orang tua merasa kebingungan. Apalagi jika anak itu dalam usia kisaran balita sampai remaja, tentu sulit bersosialisasi akan menjadi ketakutan terbesar orang tua. Bahkan untuk sekedar mengaji pun anak yang sulit bersosialisasi akan sulit juga untuk berkomunikasi dan beradaptasi dengan baik. Untuk mensiasiatinya maka les privat ngaji adalah pilihan yang tepat.

Ada beberapa hal yang membuat anak sulit bersosialisasi, salah satunya adalah kecanduan gadget sejak dini. Bukan hal yang tidak mungkin bahwa anak berumur balita pun terkena dari dampak kecanduan gadget ini. Gadget memungkinkan anak untuk bermain secara individual dan melupakan sekitarnya. Gadget memungkinkan pula anak berinteraksi dengan dunia luar secara pasif dan itu menyebabkan anak sulit bersosialisasi di dunia luar.

Media Penolong Yang Tepat Untuk Anak

Terdapat beberapa cara untuk mengembalikan kebiasaan anak untuk bersosialisasi dengan sekitar dan teman sebaya kembali. Salah satu caranya adalah dengan mengikutsertakan anak dalam les privat ngaji. Acara pembelajaran keagamaan ini memungkinkan anak untuk kembali berkomunikasi dengan teman sebayanya serta mendapatkan ilmu mengaji yang tentunya sangat berguna untuk dirinya.

Anak akan terbiasa bergaul dengan teman sebayanya kembali dan perlahan melupakan gadget. Bahkan seiring berjalannya waktu, anak akan mengerti bahwa gadget adalah sebagai media telekomunikasi saja dan bukan sebagai teman virtual. Masa anak-anak yang tidak terulang dua kali akan dirasakan oleh anak begitu ia mengenal dunia luar. Dan perlahan anak akan kehilangan kecanduannya terhadap gadget.

Pola Pencegahan Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget

Hal ini perlu diperhatikan orangtua karena beberapa orang tua membiarkan anak bermain gadget sebagai alasan agar anak tetap diam dan dapat bermain meskipun hanya di dalam rumah. Tentu saja itu adalah hal yang salah. Usia balita hingga remaja adalah masa anak untuk mengenal lingkungan sekitar berdasarkan pandangannya secara pribadi. Masa anak inilah yang mampu membantu psikis dan motorik anak berjalan lebih baik.

Pada masa kanak-kanak, anak akan diajarkan cara berteman dengan baik dan bermain bersama teman sebayanya. Sedangkan ketika masa remaja, anak akan terbiasa untuk memilih teman yang baik untuk dirinya dan akan menemukan jati dirinya sendiri. apabila hal ini dirusak ketika masa kecil dengan pembiasaan bermain individual dengan gadget, maka masa selanjutnya pun tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.

Kebanyakan anak yang kecanduan gadget akan seolah ia mengalami pengasingan di lingkungan sekitar, merasa kurang percaya diri dan kesulitan dalam berperilaku sopan terhadap orang yang lebih tua. Hal itu sudah menjadi ciri khas seorang anak yang menjadi pecandu gadget.

Itulah penjelasan singkat mengenai les privat ngaji yang berguna sebagai media pembelajaran anak dan juga pembiasaan untuk dapat bersosialisasi dengan dunia luar. Pembiasaan bermain pada anak harus ditanamkan sejak dini agar anak dapat mengerti bagaimana cara berteman. Dan untuk para orangtua, sebaiknya kurangi pemakaian gadget pada anak guna membiarkan psikis dan motorik tetap berjalan sebagaimana mestinya.