fbpx

Pendidikan agama diperlukan oleh anak-anak sejak mereka masih kecil. Bagi yang beragama Islam, belajar mengaji menjadi salah satu yang harus dilakukan sejak dini. Les privat ngaji untuk anak bisa menjadi solusi agar anak bisa cepat bisa mengaji. Sebelum mengikutkan anak les mengaji secara privat, berikut beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan:

1. Apakah Anak Senang Belajar Sendirian Atau Bersama

Les privat mengaji untuk anak perlu dibicarakan dulu apakah anak tersebut lebih senang belajar privat atau bersama-sama dengan murid lainnya. Belajar privat mungkin memiliki kelebihan anak bisa lebih fokus. Namun ada juga tipe anak yang senang belajar bersama-sama dan bersosialisasi.

2. Pilih Guru Mengaji Yang Terpercaya

Pertimbangkan untuk memilih guru mengaji yang sudah terpercaya. Perhatikan reputasinya serta pengalaman sebelumnya. Guru mengaji yang berkaitan dengan agama sudah seharusnya merupakan sosok yang memiliki kepribadian baik. Tugas orang tua memilih yang tidak hanya bisa mengajarkan mengaji namun memberikan teladan.

3. Pilih Tempat Mengaji Yang Juga Bisa Diawasi Oleh Orang Tua

Les privat ngaji bisa bermanfaat bagi anak-anak untuk bisa menguasai ajaran agama. Ini juga bisa memanfaatkan waktu luang anak serta menghindarkan anak dari bermain gadget. Saat les mengaji ada baiknya orang tua juga bisa dengan mudah mengawasi. Anak-anak bisa saja tidak menurut pada sang guru dan orang tua sudah seharusnya bisa menegur.

4. Pantau Perkembangan Kemampuan Anak

Belajar mengaji secara privat sudah seharusnya bisa meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al Quran. Pantau apakah perkembangan anak sudah sesuai dengan program belajar mengaji yang telah direncanakan. Tidak perlu memaksakan anak agar bisa langsung lancar mengaji. Namun jika anak masih merasa kesulitan maka bisa jadi ada yang salah dari metode belajarnya.

5. Waktu Les Mengaji

Sesuaikan waktu les mengaji dengan waktu istirahat dan sekolah anak. Les mengaji bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu pada sore hari. Diskusikan dengan anak, kapan waktu les mengaji yang disukai apakah langsung sepulang sekolah atau istirahat dahulu. Les mengaji bisa dilakukan saat hari libur jika hari sekolah sudah terlalu padat.

6. Belajar Mengaji Dengan Orang Tua

Belajar ngaji sebenarnya bisa juga dilakukan sendiri bersama dengan orang tua. Jika orang tua ada yang pandai dalam mengaji maka bisa menjadi guru mengaji bagi anak-anaknya. Saat belajar mengaji dengan orang tua tentunya tetap perlu disiplin sehingga benar-benar bisa belajar dengan baik. Namun akan lebih baik lagi jika memberikan les privat ngaji kepada anak karena si anak akan lebih fokus.

Secara umum les privat mengaji sebenarnya sangat baik bagi anak-anak. Selain merupakan kewajiban untuk belajar ilmu agama, waktu luang anak-anak bisa dimanfaatkan dengan baik. Anak-anak saat ini banyak yang membuang waktu dengan bermain ponsel atau gadget. Meskipun tak sepenuhnya harus dilarang namun perlu dibatasi salah satu caranya dengan les mengaji atau les keahlian lainnya.