fbpx

Berenang adalah salah satu keterampilan olah raga yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Karena itu, berenang menjadi kegiatan yang positif bagi segala usia, tak terkecuali anak-anak. Memasukkan les renang untuk jadwal kegiatan anak tentu sangat positif, karena berenang akan memberikan banyak manfaat bagi mereka. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

1. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anak

Berenang membutuhkan aktivitas fisik secara keseluruhan, karena saat berenang semua tubuh digerakkan. Dengan banyak menggerakkan tubuh secara keseluruhan maka kalori dalam tubuh yang terbakar juga banyak. Berenang secara rutin juga akan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat. Apalagi berenang bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru sehingga kualitas kesehatan anak akan sangat baik.

Menurut penelitian, anak-anak paling suka beraktivitas yang melibatkan air. Karena itu berenang adalah salah satu aktivitas yang sangat cocok untuk dikenalkan pada anak. Dengan begitu, anak tidak akan merasa terpaksa saat belajar berenang karena mereka menjalaninya dengan senang. Berenang akan membuat mereka tak hanya sehat secara fisik tapi juga bahagia.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berenang, menurut beberapa penelitian juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Hal ini bisa terjadi karena saat mengikuti les renang, anak akan dihadapkan pada lingkungan baru. Mereka akan belajar beradaptasi dengan lingkungan. Ditambah lagi dengan interaksi bersama teman-teman sebayanya akan membuat mereka lebih percaya diri untuk berinteraksi secara sosial.

Saat berada di dalam air, juga mereka akan berhadapan dengan masalah lain yakni tenggelam. Namun dengan kemampuan mereka berenang, tenggelam tentu bukan lagi masalah bagi mereka. Ditambah saat di dalam air, mereka akan belajar bagaimana mengendalikan diri. Hal ini bermanfaat ke depannya, karena akan membuat anak lebih mandiri.

3. Mengurangi Candu Gadget Pada Anak

Di era digital seperti sekarang ini, sepertinya gadget sudah menjadi barang yang sangat dikenal baik itu oleh anak. Dibanding beberapa tahun lalu, anak tampak lebih senang duduk dan berinteraksi dengan gadget daripada beraktivitas di luar rumah. Bahayanya adalah anak bisa saja kecanduan gadget sehingga meminimalisasi interaksi sosial dan aktivitas fisik.

Berenang membutuhkan aktivitas yang menuntut banyak hal pada anak, berinteraksi dengan sebaya dan beraktivitas fisik adalah beberapa hal di antaranya. Oleh karena itu, anak dituntut untuk lebih aktif bergerak dan berinteraksi sesama sebayanya. Sehingga dapat meminimalisasi kontak anak dengan gadget miliknya. Dengan begitu, candu gadget pada anak dapat dikurangi.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Menurut salah satu penelitian, mengajari anak berenang akan membuat kemampuan kognitif anak bisa meningkat dengan pesat. Hal ini didasarkan karena pada saat berenang, hampir seluruh otot tubuhnya bergerak. Tubuh yang bergerak secara aktif akan merangsang peningkatan jumlah saraf baru pada otak. Inilah yang membuat kemampuan kognitif, seperti membaca, akan meningkat.

Dengan memberikan banyak aktivitas fisik kepada anak, les renang salah satunya, tentu akan meminimalisasi kontak anak dengan gadget. Selain itu anak juga akan lebih aktif bergerak, sehingga lebih sehat dan bugar. Berenang juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berinteraksi sosial anak.