fbpx

Olahraga renang menjadi salah satu kegiatan favorit yang disukai oleh anak maupun orang tua. Mengikutkan anak les renang sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya menghindarkan anak terlalu lama bermain gadget.

Mengajari anak berenang bisa dilakukan sendiri namun bisa juga melalui tempat les. Sebelum mengikutkan anak les berenang, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui orang tua:

1. Usia Mengikuti Kegiatan Renang

Saat ini ada banyak jenis les yang diperuntukkan bagi balita. Namun untuk les renang sungguhan ada baiknya saat anak usia  4 tahun atau lebih. Anak-anak balita belum punya kemampuan kognitif untuk belajar berenang sampai usia sekitar 4 tahun. Namun anak balita juga bisa belajar keselamatan di kolam renang sehingga sah-sah saja jika ingin belajar di usia lebih dini.

2. Takut Pada Air Bukan Alasan Berhenti Mengikuti Les

Tak sedikit anak yang awalnya takut untuk belajar berenang karena takut tenggelam atau takut pada air. Kegiatan berenang sendiri memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kemampuan kognitif anak. Anak perlu diajari untuk berani mencoba kegiatan baru dan tidak terpaku dengan gadget atau mainan saja.

3. Aman Saat Belajar Renang

Anak yang mengikuti kegiatan belajar renang tentunya harus dipastikan dalam keadaan aman. Pelatih renang harus berpengalaman dan jumlahnya sesuai dengan jumlah anak yang diajar. Jika anak yang dilatih terlalu banyak maka bisa jadi pelatihnya tidak dapat mengawasi satu per satu muridnya. Tempat renang juga sebaiknya bisa dipastikan keamanannya.

4. Orang Tua Perlu Ikut Mengawasi Sesuai Porsi

Saat anak awal-awal belajar berenang, orang tua sebaiknya bisa melihat bagaimana proses belajar anak. Orang tua memang tidak perlu terus-menerus berada di samping anak jika sudah ada pelatihnya. Namun orang tua perlu memastikan bahwa anak nyaman dan aman saat belajar berenang.

Anak-anak yang sudah bisa berenang juga bukan berarti tidak bisa tenggelam. Pastikan anak selalu mendapatkan pengawasan dengan baik saat berenang. Persiapkan dan pastikan anak agar dalam keadaan fit saat akan berenang.

5. Ada Banyak Manfaat Les Renang

Mengikutkan anak untuk mengikuti les olahraga memiliki banyak manfaat tak hanya dari segi fisik namun juga mental. Anak-anak yang belajar berenang di tempat les tentunya akan bertemu dengan murid lain sehingga bisa menambah pertemanan. Saat belajar berenang anak juga bisa meningkatkan kepercayaan diri bahwa ia bisa melakukannya.

Saat ini anak-anak banyak yang terpaku bermain dengan gadgetnya padahal itu kurang baik bagi perkembangan mereka. Kegiatan seperti berenang menjadi cara yang tepat untuk menjauhkan anak-anak dari gadget. Saat berenang anak-anak akan belajar fokus dan memanfaatkan tubuhnya untuk bergerak. Mereka tentunya akan lupa dengan gadgetnya jika sudah fokus berenang. Jadi berenang merupakan kegiatan yang tak hanya baik bagi fisik namun mental anak.