fbpx

Pada beberapa anak mungkin lebih suka dengan musik. Jadi sebagai orang tua, sebaiknya orang tua bisa memfasilitasinya dengan baik salah satunya dengan mengikutkan les. Selain bakat anak bisa terasah sempurna, dengan kursus musik juga dapat berpengaruh pada perkembangan kepribadian mereka. Berikut apa saja manfaat les musik untuk perkembangan kepribadian anak.

Perasaan Menjadi Lebih Halus

Kursus musik akan mengajarkan anak sejumlah nada-nada yang dirangkai menjadi sebuah harmoni lagu yang indah. Selain itu anak juga turut diajarkan tentang tempo dan irama ketika memainkan alat musik. Secara perlahan, latihan-latihan tersebut akan membuat perasaan anak menjadi lebih peka dan lembut.

Dalam jangka waktu tertentu, akan dapat mempengaruhi cara berpikir mereka. Anak akan semakin menjadi lebih peka dengan lingkungannya. Dengan teman-temannya mereka juga lebih menaruh empati yang besar. Menjauhkan mereka dari tindakan buruk seperti pembullyan terhadap teman, dan perbuatan tercela lainnya.

Mengasah Kreativitas

Les musik juga berdampak baik pada meningkatnya kreativitas anak. Seperti yang telah umum diketahui, jika dunia musik identik dengan kreativitas tanpa batas. Bahkan dengan berlatih musik, syaraf otak serta memori akan otomatis aktif. Sel-sel yang ada pada otak anak masih akan terus berkembang membentuk sambungan baru.

Makin banyak sel otak yang tersambung, otak anak akan bekerja lebih maksimal. Sayang sekali masa perkembangan otak seperti ini hanya dihabiskan dengan kegiatan yang kurang berguna. Misalnya bermalas-malasan atau bermain game HP yang jelas tidak ada manfaatnya.

Lebih baik stimulasi perkembangan otak anak dengan ikut kursus musik. Percayalah jika otak terstimulus dengan optimal, dampaknya sangat baik sekali. Salah satunya anak menjadi lebih kreatif terutama dalam memecahkan masalah dalam hidupnya sendiri.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Anak-anak mungkin ada yang punya jiwa introvert sehingga tidak mudah bergaul dengan yang lain. Salah satu sebabnya adalah kurangnya rasa percaya diri. Anak seperti ini cenderung lebih suka menyendiri dengan bermain gadget, atau yang lain karena tidak mengharuskannya bersosialisasi dengan dunia luar.

Kursus musik akan dapat memberikan ketrampilan baru bagi anak tersebut. Mereka pasti memiliki perasaan bangga setelah bisa menguasai salah satu alat musik. Rasa bangga ini bisa mendorong kepercayaan diri pada anak. Mereka semakin ingin mencoba hal lain yang lebih menantang seperti ikut pentas untuk mengasah kemampuannya. Seringnya ikut dalam acara pentas, dapat membuat tingkat kepercayaan diri anak lebih meningkat dari waktu ke waktu.

Melatih Kesabaran Serta Ketekunan

Saat belajar salah satu alat musik tentu dibutuhkan proses yang tidak sebentar. Kemahiran memainkan alat musik ditentukan oleh jumlah jam latihan yang dilakukan. Dalam hal inilah kursus musik bisa mempengaruhi tingkat kesabaran dan ketekunan anak.

Ketika anak gigih berlatih maka mereka akan merasa kemampuannya lebih meningkat. Secara tidak langsung mereka akan sadar jika ingin meraih tujuan harus punya ketekunan dan kesabaran. Tidak diperoleh begitu saja secara instan.

Itulah beberapa hal yang membuat les musik bisa mempengaruhi kepribadian anak. Maka bagi orang tua, jika anak menunjukkan ketertarikannya pada musik tidak ada salahnya untuk mengikutkannya kursus. Tentunya hal ini lebih bermanfaat daripada anak melakukan kegiatan yang tidak berguna untuk mengisi waktu luang diluar jam sekolah.