fbpx

Berenang menjadi salah satu olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Gerakan yang dilakukan hampir seluruh tubuh mampu menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa alasan mengapa les renang bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kebugaran jasmani, diantaranya :

1. Melatih Tubuh Untuk Lebih Bugar

Ketika berenang, seseorang akan menggunakan hampir seluruh tubuhnya untuk bergerak. Hal ini akan melatih seluruh tubuh untuk bisa lebih kuat dan bugar. Selain itu, olahraga ini juga menjadi salah satu latihan kardio dimana dengan olahraga ini mampu memperkuat jantung dan paru-paru. Dengan begitu maka sistem pernapasan juga akan lebih sehat sehingga banyak orang yang memilih olahraga ini sebagai aktivitas yang rutin dilakukan.

2. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Selain mampu melatih seluruh tubuh, renang juga bisa menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah. Seseorang yang berenang secara rutin mampu  meningkatkan harapan hidup setidaknya hingga 50%. Prosentase ini jauh lebih banyak  dibandingkan mereka yang jarang melakukan gerakan fisik. Oleh karena itulah, bagi anak olahraga ini bisa menjadi pilihan yang tepat dibandingkan dengan bermain dengan gadget.

3. Membakar Kalori Secara Efektif

Semakin banyak gerakan yang dilakukan maka semakin banyak juga kalori yang terbakar di dalam tubuh. Olahraga ini sangat cocok untuk menaga kestabilan berat badan maupun yang memiliki berat badan berlebih. Meskipun pada proses pembakarannya tetap tergantung pada berat badan, durasi frekuensi, intensitas, hingga gerakan renang yang dilakukan.

4. Mengurangi Penyakit Asma

Penyakit asma bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Gerakan pada olahraga ini mampu meningkatkan kapasitas parau-paru dan membantu penderita asma untuk mengendalikan sistem pernapasan. Namun meskipun begitu, tetap harus berhati-hati karena bahan disinfektan yang ada di dalam air cukup berbahaya bagi penderita asma.

5. Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Tidak dipungkiri bahwa insomnia bisa terjadi pada siapa saja. Dengan berenang secara rutin maka akan memperbaiki kualitas tidur yang semula tidak baik. Hal ini karena gerakan yang dilakukan akan membuat tubuh cepat merasa lelah sehingga lebih mudah untuk terlelap. Bagi anak-anak yang mungkin menderita sulit tidur bisa mencoba olahraga ini agar bisa tidur dengan nyenyak.

6. Bisa Memulihkan Cedera

Saaat seseorang melakukan gerakan renang, maka seseorang akan bisa menopang beban nya dengan baik karena air yang ada di dalamnya. Sehingga akan membuat sendi dan tulang tidak bekerja terlalu berat. Dengan rutin melakukan olahraga ini, maka cedera yang diderita bisa berangsur sembuh.

Nah itulah 6 manfaat les renang guna meningkatkan kebugaran jasmani. Kebiasaan ini bisa ditanamkan pada anak sejak dini agar memiliki waktu luang yang bermanfaat dan tidak hanya bermain gadget saja. Mengingat era yang semakin canggih dan modern ini, sehingga anak bisa menghabiskan waktunya dengan hal yang positif dan berguna.