fbpx

Penting diketahui para orang tua yaitu pendidikan agama yang harus diberikan sejak dini pada anak. Selain menjadi bekal hidup anaknya kelak, faktanya agama juga mampu untuk membentuk karakter mereka. Mengikutsertakan anak untuk les mengaji bisa menjadi solusi terjitu. Berikut apa saja sisi positif dengan mengikutkan les privat ngaji pada anak.

Dapat Mencerdaskan Otak

Beberapa penelitian menyebutkan jika ada 3 aktivitas yang dilakukan secara sekaligus dapat melatih kerja otak secara multitasking. Termasuk ketiganya yaitu melihat, mendengar, serta membaca sesuatu hal. Seperti yang diketahui ketika seseorang membaca alquran, mereka akan melakukan ketiga aktivitas tersebut.

Terutama bagi anak, membaca alquran setelah subuh atau habis magrib diketahui mampu meningkatkan kecerdasan hingga 80%. Hal ini disebabkan pada waktu-waktu tersebut terjadi pergantian dari siang ke malam dan sebaliknya. Oleh karena itu, luangkan waktu tersebut bagi anak untuk mengaji dibanding melakukan aktivitas lain yang kurang diperlukan. Misalnya saja nonton TV, atau bersantai-santai saja.

Anak Jadi Terhindar Dari Perbuatan Buruk

Les privat ngaji pada anak, akan secara tidak langsung menjadi teguran bagi mereka. Melalui ayat-ayat suci al-quran, anak akan selalu diingatkan pada sang Penciptanya Allah SWT. Jika mereka senantiasa ingat dengan pencipta, otomatis mereka akan merasa malu untuk sekedar berbuat dosa atau tidak baik.

Tentu saja akan berdampak pada kegiatan sehari-hari. Anak-anak akan cenderung berbuat positif jauh dari hal-hal yang sekiranya akan berdampak buruk bagi mereka. Misalnya lebih memilih belajar yang rajin, supaya mendapat hasil yang bagus saat ulangan. Tidak terlibat tawuran, lebih sopan terhadap orang tua karena takut dosa, dan lain sebagainya.

Memberikan Kententraman Hati

Bacaan ayat-ayat suci al-quran memang dikenal dapat memberikan ketentraman hati. Pada anak yang mungkin baru akan memasuki usia remaja pasti punya sisi ego dan emosional yang cukup tinggi. Supaya hati lebih tentram, membaca dan melafazkan ayat-ayat suci al-Quran bisa cukup membantu mereka mengontrol emosi.

Orang tua pasti akan bisa langsung perubahan anak mereka. Dari mulai yang mudah sekali marah, hingga lebih sabar setelah mulai ikut les mengaji. Dengan begitu, sampai dewasa anak tersebut berpotensi untuk memiliki sifat sabar ketika berhadapan dengan masalah yang sulit.

Mengisi Waktu Luang Dengan Kegiatan yang Lebih Berguna

Belajar mengaji dengan mengikuti les privat juga bisa dijadikan sarana mengisi waktu luang yang baik. Dibanding hanya bermalas-malasan atau bermain gadget sepanjang hari yang tidak penting, belajar mengaji lebih punya banyak manfaat. Sehingga waktu tidak terbuang dengan sia-sia dan percuma.

Itulah beberapa sisi positif bagi orang tua yang memilih untuk mengikutkan les privat ngaji bagi anak-anaknya. Dari mulai bisa mencerdaskan otak, menghindarkan dari hal buruk, sampai dapat membentuk karakter yang baik. Paling penting, belajar mengaji memang salah satu pendidikan agama yang wajib diberikan pada anak sejak dini.