fbpx

Mengajarkan anak berenang sejak usia dini memang belum begitu familiar di Indonesia, karena masih banyak orang tua yang yang takut untuk melakukannya. Padahal mengajarkan anak berenang sejak dini sudah dilakukan di berbagai negara maju di dunia. Mengapa les renang sejak dini sangat penting bagi anak usia dini yang masih aktif?

1. Mengurangi Resiko Tenggelam

Tenggelam menjadi salah satu penyebab kematian terbesar pada balita, oleh sebab itu penting mengajarkan renang pada anak. Jika anak belajar berenang sejak dini maka resiko tenggelam itu akan semakin berkurang. Anak pada usia dini belum memiliki rasa takut sehingga penting diajarkan untuk berenang agar memiliki kemampuan bertahan hidup yang tinggi.

2. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Otak butuh rangsangan untuk bisa berkembang, salah satu cara merangsangnya adalah dengan melakukan gerakan berpola. Renang adalah salah satu kegiatan yang membuat kedua sisi tubuh anak melakukan Gerakan berpola sehingga akan mengaktifkan saraf-saraf otak anak. Pada akhirnya kemampuan akademik atau kecerdasan anak akan berkembang pesat apalagi masih usia dini.

3. Menambah Kegiatan Positif Anak

Dengan mengajarkan anak berenang dengan les maka akan menambah satu lagi kegiatan positif untuk anak. Anak tidak akan ada waktu lagi untuk bengong atau pun mainan gadget yang bisa berakibat negatif. Untuk itu penting mengajarkan anak renang untuk mengisi waktu luangnya dan menambah kegiatan positifnya.

4. Menghilangkan Kebiasaan Sedentary Lifestyle

Anak jaman sekarang memang berbeda dengan anak pada jaman dulu, sebuah jaman di mana dunia belum dimanjakan dengan gadget. Kecenderungan anak jaman sekarang adalah memiliki kebiasaan sedentary lifestyle yaitu gaya hidup yang kurang gerak disebabkan gadget yang ada di tangannya.

Sedentary lifestyle ini memiliki efek negatif bagi pertumbuhan dan kesehatan anak. Salah satu akibatnya adalah obesitas pada anak yang bisa menyebabkan berbagai penyakit degenerative pada akhirnya. Renang bisa jadi salah satu solusi untuk hal ini, dengan belajar berenang anak-anak bisa menghilangkan sedentary lifestyle yang sangat merugikan.

5. Anak Menjadi Semakin Percaya Diri

Saat anak belajar berenang maka anak akan melakukan interaksi dengan berbagai pihak yang membantunya. Anak akan berinteraksi dengan orang tua, pengajar les renang mau pun teman-teman sebayanya yang juga belajar berenang.

Dengan demikian anak akan melakukan adaptasi terhadap lingkungan sekitarnya, menyesuaikan diri dengan pengajar dan teman-temannya. Anak akan semakin tumbuh kepercayaan dirinya dengan melakukan banyak interaksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Les renang memang memiliki banyak manfaat sehingga sangat penting untuk mengajarkan anak renang sejak dini. Telah ada penelitian yang menyebutkan bahwa anak yang belajar berenang pada usia dini (2-4 tahun) akan memiliki kemandirian dan kemampuan beradaptasi yang baik. Anak-anak yang belajar renang juga lebih percaya diri dibandingkan anak seusianya yang tidak belajar berenang.