fbpx

Ngaji iqra memang sangat penting tidak hanya untuk anak-anak tetapi termasuk usia remaja juga dewasa. Semua usia membutuhkan ngaji iqra karena akan memberikan banyak sekali manfaat bagi siapa saja yang mengikutinya. Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk ngaji salah satunya adalah les privat ngaji yang akan memberikan privasi lebih.

Mengapa Sebaiknya Les Privat Ngaji Iqra?

Banyak alasan mengapa semua usia harus ngaji iqra di mana saja dan kapan saja asalkan dengan orang yang tepat. Di bawah ini adalah alasan-alasan mengapa sebaiknya ngaji iqra mulai anak hingga dewasa:

1. Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah

Mengaji tentu saja bertujuan untuk bisa meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Apalagi bagi anak-anak yang terhitung pemula dalam membaca iqra maka tujuan utamanya adalah mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak. Setelah hafal dengan hruuf hijaiyah maka selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah sebagai pondasi membaca dan menulis Al-quran.

2. Memperdalam Ilmu Tajwid

Pada saat mengaji iqra semakin tinggi tingkatan maka harus mulai mengenal tajwid atau aturan dalam membaca huruf arab (Al-quran). Oleh sebab itu ngaji iqra tidak hanya membaca saja tetapi juga memperdalam ilmu tajwid agar mampu membaca iqra dengan baik dan benar.

3. Sebagai Persiapan Membaca Al-Quran

Mengaji Iqra adalah pintu gerbang bagi anak hingga dewasa yang ingin bisa membaca Al-quran. Ngaji iqra secara privat merupakan persiapan bagi setiap orang yang ingin bisa membaca Al0quran. Dengan membaca Iqra artinya adalah melakukan persiapan untuk membaca AL-quran di masa depan. Jika sudah lancar membaca iqra maka bisa dipastikan akan lancar juga dalam membaca AL-quran.

4. Melancarkan Kemampuan Membaca Al-Quran

Pada saat les privat ngaji semua diharuskan sering membaca agar semakin lancar saat membaca Iqra. Demikian juga nanti jika sudah mulai membaca Al-quran maka ngaji Iqra bisa membantu memperlancar bacaan Al-quran lengkap beserta tajwidnya. Umat muslim memang sudah seharusnya membaca AL-quran yang merupakan kitab suci agama Islam.

5. Menambah Amal Sholeh

Ngaji iqra tentu saja akan menambah amal sholeh bagi siapa saja yang melakukannya. Dibandingkan hanya diam dan menonton TV atau gadget maka ngaji iqra adalah pilihan yang paling baik agar pribadi semaki aholeh. Dengan menambah aktivitas mengaji maka akan mengurangi aktivitas negatif yang merugikan seperti nonton TV dan mainan gadget seharian.

Sangat banyak bukan manfaat dari ngaji iqra ini, untuk kenyamanan lebih les privat ngaji akan sangat membantu. Apalagi bagi yang sudah berusia dewasa mungkin ada sedikit rasa malu ketika harus pergi ngaji iqra ke Masjid. Maka dari itu akan lebih baik jika les privat ngaji iqra saja di rumah bersama-sama keluarga lainnya.